Entri Populer

Minggu, 24 April 2011

Resensi Novel: Love in Sunkist


LOVE IN SUNKIST
Don’t Say it with Flower, but Sunkist …

A.  Identitas Buku
1.         Judul               : Love in Sunkist: Don’t Say it with Flower, but Sunkist …
2.         Penulis             : Evelyn Jingga
3.         Tahu Terbit      : 2006
4.         Penerbit           : Bandung: Cinta
5.         Genre              : Chicklit
B.  Ringkasan Isi Buku
Menyatakan cinta dengan bunga atau cokelat itu sudah biasa tetapi kalau menyatakan cinta dengan buah sunkist ini baru luar biasa. Novel ini menceritakan kisah seorang gadis yang tengah jatuh cinta yang bernama Kimberly Andrea alias Kimmy berusia 21 tahun yang tidak menyangka saat dia belanja  di Supermarkat 365 Days menjadi sebuah cerita cinta yang sungguh melelahkan. Cewek imut yang mandiri dan mempunyai toko buku di seberang supermarket ini terjerat cinta dengan cowok wangi yang mempunyai badan proporsional yang membeli buah sunkist di supermarket ketika ia sedang berbelanja.
Cowok itu sanggup membuat Kimmy blingsatan tidak karuan, sering memikirkannya hingga ia tidak bisa tidur karena membayangkan kegantengannya. Kimmy sering datang ke supermarket agar bisa bertemu dengan cowok tersebut. Dewi Fortuna saat itu berpihak pada Kimmy sehingga dia bisa bertemu dengan cowok itu dan berkenalan. Cowok itu bernama Nikolas Kevin alias Niko yang tinggal di apartemen Grand Cemara Blok 7. Kimmy sempat mengajak Niko bermain ke toko bukunya dan disitu keduanya saling mengakrabkan diri.
Hubungan keduanya berjalan dengan mulus tetapi keduanya saling menganggap diri sebagai seorang sahabat. Padahal Kimmy berharap lebih dari seorang sahabat. Ia hanya menjadi sahabat yang baik hati tanpa mengutarakan maksud hatinya. Hal itu membuat sakit hati Kimmy karena ia tahu bahwa Niko mencintai seseorang yang bernama Nisye. Nisye adalah teman semasa kecil dan Niko pernah mengutarakan cintanya tetapi ditolaknya. Sehingga Kimmy diminta tolong untuk membantu Niko agar bisa menyatakan cintanya kepada Nisye. Kimmy merasa tersakiti karena cowok yang ingin dijadikan pacar mempunyai pilihan cewek lain.
Kimmy merasa takut untuk mengutarakan isi hatinya kepada Niko karena ia takut kehilangan Niko untuk selamanya. Saat Kimmy dan temannya makan di restoran Jepang, ia bertemu dengan Niko dan Nisye berjalan berdua dan menghampirinya. Saat itu Kimmy merasa dirinya tidak berguna di depan Niko, hatinya sakit teriris melihat mereka berjalan berdua.
Suatu malam, Kimmy mendapatkan telepon dari mamanya yang menyatakan bahwa kimmy mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di Taiwan. Ini kesempatan emas untuk Kimmy, selain untuk meraih mimpinya, ia juga bisa pergi dari hadapan Niko dan melupakannya untuk selama-lamanya.
Kepergian Kimmy ke Taiwan disambut isak tangis sahabatnya. Niko merasa sedih ditinggalkan Kimmy, sebenarnya ingin sekali Niko mencegah Kimmy pergi karena ternyata Niko juga mencintai Kimmy. Perasaan cinta mereka yang terdalam seperti terbungkus seribu macam keraguan. Titik perpisahan semakin dekat saat Kimmy melepaskan diri dari pelukan Niko. Kimmy berjalan meninggalkan orang yang dicintainya, kemudian Niko memanggil Kimmy dan memberikan sebuah kotak kecil yang dibungkus kertas kado berwarna biru muda. Kimmy pun beranjak meninggalkan Niko. Sesaat setelah Kimmy pergi, Niko mendapatkan sepucuk surat dari Kimmy.
Kado yang diberikan Niko berisi sebuah sunkist yang ada tulisan  I love you dengan tinta berwarna biru yang di dalamnya ada sepucuk surat cinta yang menyatakan bahwa Niko telah jatuh cinta kepada Kimmy saat pertama kali bertemu di supermarket.  Setelah membuka kado itu Kimmy tidak bisa menghentikan air matanya.
Di sisi lain, Niko juga membuka surat yang diberikan Kimmy kepadanya. Selesai membaca surat tersebut jantung Niko berdegup kencang. Ingin sekali ia mengejar Kimmy, tetapi ia tidak bisa berbuat apa-apa. Perasaan Niko kini gelisah karena harus merelakan kepergian Kimmy namun ia lega rahasia cinta keduanya terkuak juga.
Tiga tahun kemudian, Kimmy menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Supermarket 365 Days tetapi ia tidak menemukan sesosok yang pernah mengisi hatinya. Ia memutuskan untuk pulang namun di luar gerimis. Kimmy terus berjalan sambil menutup kepalanya. Tiba-tiba ia merasakan ada seseorang yang mengikutinya lalu mendadak berhenti ketika ia mencium sesuatu. Keharuman yang ia kenal. Wangi yang tiba-tiba tercium di hidungnya kalau ia ingat seseorang. Wangi yang selalu membuatnya ingin terbang…
Kimmy memalingkan wajahnya pelan-pelan. Sangat pelan, seperti adegan film dalam gerak lambat. Begitu ia melihat sesosok wajah di belakangnya ia tersenyum.
C.                Kelebihan Buku
Novel ini menyuguhkan cerita remaja yang sedang jatuh cinta. Cerita tidak hanya terfokus pada cerita cinta saja tetapi juga  persahabatan di antara keduanya yang berujung dengan cinta. Novel ini memaparkan cerita secara lugas, menggunakan bahasa sehari-hari, dan ceritanya penuh dengan hal-hal yang menyegarkan berbalur rasa asam dan manis jeruk Sunkist. Seperti sunkist yang asam-manis plus segar. Selain itu,  pembaca juga bisa sedikit belajar bahasa Mandarin dari novel ini. Setidaknya bisa menambah kosakata dalam bahasa Asing yakni bahasa Mandarin.
D.                Kelemahan Buku
Sayangnya, dalam buku ini terdapat bahasa Asing yang sering muncul sehingga pembaca awam yang tidak mengerti bahasa Inggris akan sulit menangkap apa maksud dari cerita tersebut. Selain itu, kualitas kertas kurang baik  karena menggunakan kertas buram sehingga menjadikan novel tersebut  kurang  enak dipandang mata, kurang mendapatkan kesegaran dari ceritanya yang segar.
E.   Alasan Pentingnya Buku Dibaca
Buku ini wajib dibaca oleh kaum remaja, karena di dalamnya terdapat suatu pelajaran yang sangat berharga untuk kita telaah lebih lanjut. Dalam buku ini kita bisa mendapatkan apa arti dari persahabatan dan seberapa besar pengorbanan kita untuk seseorang yang kita cintai. Buku ini akan mengubah paradigma yang sedang berkembang saat ini bahwa untuk menyatakan cinta itu tidak hanya dengan bunga, cokelat, atau dengan boneka melainkan bisa dengan apa saja termasuk dengan novel, buah sunkist, atau dengan yang lainnya.

2 komentar:

  1. hai tmand-tmand ank luar biasa.....

    kcie komentar yach teman-teman u/ blog q nee....

    terima kcie uda berkunjung ke blogq....

    BalasHapus
  2. hi berkunjung balik ya ke blog aq, http://www.inimun.co.cc

    BalasHapus